Monday, September 11, 2017

Model Pakaian Adat Bengkulu dan Jambi

Model Pakaian Adat Bengkulu
Model Pakaian Adat Bengkulu dan JambiBengkulu dikenal sebagai Provinsi yang ada di Indonesia dengan peninggalan kebudayaan yang berupa pakaian adat yang cukup unik dan cantik. Pakaian adat Bengkulu sendiri sangat dipengaruhi budaya Melayu yang sangat kental. Walaupun dipengaruhi oleh kebudayaan Melayu namun pakaian ini sudah terakulturasi atau bercampur dengan keadaan alam di Provinsi Bengkulu. Sehingga tidak salah jika pakaian adat yang berasal dari Bengkulu ini mempunyai ciri khas jika dibandingkan dengan pakaian adat Melayu pada umumnya. Dalam kesempatan ini , kita akan membahas pakaian adat yang berasal dari dua daerah yang berdekatan. Yaitu Bengkulu dan Jambi. Berikut adalah ulasannya.

Model dan Jenis Pakaian Adat Bengkulu Terbaru


Pakaian adat khas Bengkulu atau yang dikenal dengan nama Pakaian Adat Melayu Bengkulu terbagi menjadi dua jenis. Karena pakaian adat yang dikenakan oleh masyarakat Bengkulu yang berjenis kelamin pria dan wanita memiliki beberapa perbedaaan yang mencolok. Pakaian adat khas Bengkulu yang digunakan kaum pria terbagi menjadi pakaian atas berupa jas, yang ditambah dengan sarung. Sedangkan pakaian bagian bawah pria ini mengenakan celana panjang dengan keris tajam yang ada di pinggangnya. Pakaian adat khas Bengkulu wanita berupa pakaian kurung yang berlengan panjang terbuat dari beludru. Pakaian ini mempunyai hiasan corak-corak dan sulaman emas yang berbentuk lempengan bulat uang logam. Bahan beludru dari pakaian adat wanita ini umumnya memiliki warna merah tua, lembayung, hitam dan juga biru tua. Baju kurung ini sering dipadukan dengan tampialn sarung songket yang berhiaskan benang emas maupun perak dengan bahan dasar dari sutra.

Model Pakaian Adat Jambi


Provinsi Jambi mayoritas didiami oleh suku Melayu. Sehingga kebudayaan Melayu yang ada di provinsi ini sangat melekat erat. Pakaian adat yang berasal dari Jambi adalah salah satu kebudayaan yang saat ini masih dijaga dengan baik oleh berbagai masyarakat. Karena dengan pakaian ini, masyarakat Jambi mendapatkan jati diri terbaik mereka. Pakaian adat yang berasal dari Jambi ini sendiri banyak digunakan pada berbagai upacara adat dan juga seharian masyarakat Jambi. Pakaian adat yang dimiliki suku Jambi ini memiliki tampilan yang sangat sederhana. Namun dibalik kesederhanaan yang dimiliki pakaian adat yang berasal dari Jambi ini, ada banyak pelajaran dan filosofi yang bisa kita ambil.

Model Pakaian Adat Jambi Wanita dan Pria


Pakaian adat yang berasal dari salah satu provinsi di Sumatera ini terbagi menjadi dua jenis. Yaitu, pakaian adat yang dikenakan wanita Jambi dan pakaian adat yang dikenakan pria. Untuk pakaian adat wanitanya sendiri, pakaian ditampilkan dengan tanpa lengan, sedangkan pakaian adat pria dari Jambi ini mengenakan celana hitam yang memiliki ukuran melebar pada bagian betis. Selain itu pakaian adat adat pria Jambi ini dilengkapi dengan adanya kopiah yang digunakan sebagai penutup kepala. Selain itu ada pakaian adat khas Jambi yang menjadi kancah nasional. Karena pakaian ini memiliki tampilan yang sangat mewah dengan aksesoris yang sangat beragam. Yang mana pakaian untuk pria Jambi sendiri dilengkapi dengan penutup kepala dari kain beludru yang bermerah lengkap dengan bungo runci sebagai hiasannya. Pakaian adat khas Jambi yang dikenakan wanita berupa baju kurung dari kain beludru. Selain itu dilengkapi dengan teratai dada yang digunakan untuk tutup dada, pending, selendang dan juga sabuk. 

Model Pakaian Adat Jambi
Selain itu tampilan pakaian adat Jambi untuk wanita ini dilengkapi juga dengan berbagai aksesoris megah. Seperti kalung, cincin, anting dan berbagai penghias alami yang menjadi tampilan pakaian ini semakin cantik. Baca: Model Baju Bahan Sifon Untuk Orang Gemuk

No comments:

Post a Comment