Tuesday, September 12, 2017

Model Pakaian Adat Jawa Barat dan Jawa Timur

Model Pakaian Adat Jawa Barat
Model Pakaian Adat Jawa Barat dan Jawa TimurJawa Barat merupakan provinsi dengan masyarakat asli yang bernama suku Sunda. Suku Sunda sendiri adalah salah satu suku yang mempunyai peradaban yang tinggi sejak jaman dahulu. Hal tersebut sangat berdasar karena ada banyaknya candi dan prastasi yang menjadi peninggalan kerajaan Budha dan Hindu yang ada di Jawa Barat. Bukan hanya kebudayaan dan peradapan yang tinggi saja, masyarakat Sunda juga mempunyai berbagai peninggalan kebudayaan yang sampai saat ini masih bisa Anda temui. Karena dijaga, dirawat dan dilestarikan oleh masyarakat yang bersangkutan. Salah satu hal yang populer dari Jawa Barat adalah peninggalan berupa pakaian adat Jawa Barat yang sangat khas. Hal ini karena sangat berbeda dari pakaian adat lainnya di Indonesia. Pakaian adat khas Jawa Barat ini sendiri terbagi menjadi beberapa jenis. Salah satu yang populer adalah menurut strata atau tingkatan orang tersebut.

Pakaian Adat Jawa Barat untuk Rakyat Jelata, Menengah dan Bangsawan


Rakyat jelata laki-laki Jawa Barat dahulu mengenakan pakaian adat yang cukup sederhana. Karena mereka hanya menggunakan celana komprang yang dikolaborasikan dengan kain yang berwarna hitam. Sebagai atasan pakaian tersebut dilengkapi dengan sarung poleng di bahu yang tidak pernah dlepas. Untuk wanitanya sendiri memakai kain batik dengan lengan panjang, ikat pinggang, penutup dada, baju kebaya khas Jawa Barat dan juga selendang batik. Pakaian adat kaum menengah umumnya memiliki ciri yang sama. Hanya saja ada tambahan pernak-pernik yang membuat tampilannya semakin cantik. Pakaian adat Jawa Barat untuk bangsawan sendiri dianggap menjadi simbol keagungan dan kehormatan. Karena karena pakaian adatnya dilengkapi dengan jas tertutup yang terbuat dari beludru hitam dengan sulaman benang emas dan selebihnya sama dengan pakaian adat kelas sebelumnya. Nah, untuk pakaian wanita bangsawannya sendiri dilengkapi dengan kebaya beludru berwarna hitam dengan sulaman benang warna emas. Tidak lupa pakaian adat wanita ini dilengkapi dengan berbagai perhiasan seperti giwang, cincin, kalung, bros gelang keroncong dan berbagai aksesoris lainnya.

Model Pakaian Adat Jawa Timur


Menurut sejarah Jawa Timur mempunyai kebudayaan kental yang masih dipertahankan sampai sekarang. Salah satu peninggalan kebudayaan yang banyak ditemukan adalah candi dan prastasi peninggalan kerajaan terdahulu. Selain itu, peninggalan budaya lain yang tidak kalah pentingnya adalah pakaian adat khas Jawa Timur. Pakaian adat khas Jawa Timur sebenarnya mempunyai kesamaan pakaian adat dari Jawa Tengah. Hal ini dikarenakan pada waktu silam dahulu, Jawa Timur mendapatkan pengaruh yang kental dari Jawa Tengah. Namun dibalik kesamaan tersebut, pakaian adat yang berasal dari Jawa Timur lebih menonjolkan lebih menonjolkan nilai ketegasan dengan balutan pakaian yang tetap sederhana dengan filosofi menjunjung tinggi berbagai etika yang dimilikinya. Selain itu, pakaian adat khas Jawa Timur ini dikenakan dengan aksesoris unik, misalnya saja penutup kepala atau yang dikenal dengan nama odheng, tongkat atau orang Jawa Timur menyebutnya sebum dhungket, kain selendang dan juga arloji rantai.
Model Pakaian Adat Jawa Timur
Pakaian adat Jawa Timur sendiri dibagi menjadi dua jenis, yaitu pakaian adat mantenan dan juga pakaian adat baju pesaan. Pakaian adat Mantenan adalah pakaian yang sering digunakan saat menghadiri pernikahan yang memiliki adat Jawa Timuran. Pakaian mantenan ini mempunyai corak warna sama, yaitu berwarna hitam serta warna merah yang dijadikan sebagai motif hiasan pakaian adat tadi. Pakaian ini digunakan dengan rangkaian bunga melati yang dikalungkan pada leher untuk pria dan juga digantungkan pada bagian sanggul dari wanitanya dan juga penutup kepala. Sedangkan pakaian adat khas Jawa Timur pesaan adalah pakaian adat masyarakat Madura dan juga pesisir utara Jawa Timur. Walaupun memiliki tampilan yang sangat sederhana, pakaian adat ini sudah dikenal di seluruh Nusantara karena elok dan elegan jika dikenakan. Baca: Model Pakaian Adat Bengkulu dan Jambi

No comments:

Post a Comment