Friday, September 22, 2017

Model Pakaian Pengantin Adat Jawa Dan Sunda

Model Pakaian Pengantin Adat Jawa
Model Pakaian Pengantin Adat Jawa Dan SundaPernikahan merupakan suatu hal yang sangat sakral dan dinantikan oleh pasangan yang siap membina mahligai rumah tangga. Karena bersifat sakral maka segala persiapannya harus disiapkan secara matang dan sedetail mungkin jangan sampai ada hal kecil yang terlewat, karena setiap orang berharap pernikahan hanya dilakukan sekali seumur hidup maka segala sesuatunya harus direncanakan secara matang, mulai dari persiapan undangan, jamuan, gedung, photografer sampai pada model pakaian apakah menggunakan adat atau modern. Berbagai pertimbangan seperti itu harus dimatangkan oleh kedua belah pihak jika calon pengantin pria memilih menggunakan pakaian pengantin adat jawamaka pihak calon wanita harus mengikutinya pula, atau jika pihak wanita menginginkan menggunakan adat lain maka hal ini harus didiskusikan.

Perihal pakaian pengantin adat jawa dan sunda. Menurut adat tadi, ada beberapa calon pengantin yang sangat menyukai adat walaupun kedua belah pihak berasal dari latar belakang budaya yang berbeda namun keduanya mampu menyelaraskan kedua kebudayaan tersebut menjadi satu yang sangat apik pada saat pernikahan mereka. Biasanya adat yang dipakai adalah adat dari kedua mempelai namun, jika kedua mempelai berbeda adat dan kebudayaan maka dapat memilih salah satu saja atau jika memungkinkan maka kedua-dua nya pemakaian adat dalam suatu pernikahan dapat dilihat dari pakaian si pengantin. Jika menggunakan adat sunda maka banyak kain tile yang digunakan sebagai kebaya mempelai wanita.

Pakaian pengantin adat jawa

Paes itu sendiri adalah sebuah bentuk rambut yang sengaja dilukis di bagian atas dahi, gaya seperti sangat mencirikan bahwa adat yang dipakai pasangan tersebut adalah jawa, selain itu dari segi pakaian, model pakaian pengantin yang menggunakan adat jawa berbeda dengan adat lainnya termasuk sunda. Dalam masyarakat jawa pakaian yang digunakan laki-laki diberikan keris di bagian belakang kemudian jika pengantin wanita menggunakan paes maka pada pengantin pria cenderung akan menggunakan blankon sebagai ganti dari peci mereka, pakaian-pakaian dan berbagai pernak-pernik adat jawa ini berbeda dengan adat lainnya.

Pakaian pengantin adat sunda


Berbeda dengan pakaian yang menggunakan adat jawa, model pakaian pengantin menggunakan adat sunda lebih simpel dan terlihat lebih modern dalam adat sunda kebanyakan pria menggunakan peci sementara pada wanita menggunakan semacam tiara di kepala mereka serta dengan sedikit paes, jika terlalu banyak maka akan lari pada adat jawa. Model pakaian kedua mempelai pengantin yang menggunakan adat jawa dapat dilihat dari model kebaya, jika pada adat sunda model kebaya cenderung banyak menggunakan kain tile dan bordiran-bordiran disertai manik-manik maka berbeda dengan model kebaya adat jawa, kebaya jawa cenderung menggunakan bahan sejenis velvet dan dengan bordiran serta beberapa bagian menggunakan kain tile, dalam model kebaya jawa ini tile tidak terlalu mendominasi.
Model Pakaian Pengantin Adat Sunda
Memang banyak pendapat yang mengatakan bahwa model pakaian pengantin adat sundalebih modern dibandingkan pakaian jawa, namun itu semua kembali kepada kesepakatan masing-masing calon mempelai, setiap adat memiliki ciri khas dan proses yang berbeda-beda jika calon pengantin berencana tidak menggunakan upacara adat maka hal tersebut diperbolehkan alternatif lain agar nuansa adat tidak luntur adalah seperti kedua mempelai pasangan pengantin kompak menggunakan pakaian adat jawa saat akad nikah dan menggunakan adat sunda saat resepsi pernikahan. Banyak pasangan pengantin yang mengaku sangat enjoy dengan pernikahan mereka walaupun menggunakan dua adat. Baca: Model Pakaian Musim Semi Di Korea Dan Jepang

No comments:

Post a Comment