Sunday, September 24, 2017

Model Pakaian Suku Asmat Dan Dayak

Model Pakaian Suku Asmat
Model Pakaian Suku Asmat Dan DayakIndonesia merupakan sebuah negara kepulauan dengan berbagai suku dan budaya, ada lebih dari 20 jenis suku yang ada di negara ini, suku yang sangat terkenal di indonesia adalah suku asmat dan dayak, suku asmat ini merupakan suku asli pulau papua lebih tepatnya berada di indonesia bagian timur, model pakaian suku asmat yang terbilang unik menjadi viral tersendiri seluruh bahan baku yang digunakan untuk menjadi pakaian benar-benar berasal dari alam inilah yang menjadikan banyak pengamat kebudayaan mengatakan bahwa suku asmat merupakan sebuah suku yang sangat representasi dengan alam di sekitarnya dan sangat menggantungkan hidupnya pada alam sekitar.

Pakaian suku asmat


Selain bahan baku yang secara keseluruhan terbuat dari bahan-bahan yang ada di alam ternyata desain dari pakaiannya pun benar-benar terinspirasi dari alam, sebagai contoh yang paling konkrit adalah pakaian kaum laki-laki yang sengaja dibuat dan didesain menyerupai burung atau berbagai binatang lain yang dapat dan biasa dijadikan simbol kejantanan seorang pria. Disamping itu pakaian para wanitanya pun terbuat dari dedaunan pohon sagu, mereka menganggap wanita yang mengenakan pakaian seperti itu melambangkan kecantikan layaknya seekor burung kasuari yang menawan, secara garis besar kedua pakaian ini tidak terlalu berbeda baik pria maupun wanita sama-sama mengenakan penutup kepala yang sengaja mereka buat dari rajutan daun sagu pula dan dihiasi dengan bulu-bulu burung kasuari yang indah.

Pada wanita, bukan hanya bagian rok yang terbuat dari dedaunan sagu melainkan pada bagian penutup dada pun menggunakan rumbai-rumbai yang sengaja dibuat dari bahan baku yang sama yakni daun sagu. Selain pakaian suku asmat yang unik dan mayoritas terbuat dari dedaunan maka akesoris pendukung lainnya adalah seperti hiasan telinga, kalung dan hidung yang masih menggunakan bahan baku dari alam seperti kayu, dan bulu-bulu hewan terutama bulu burung kasuari. Biasanya bulu-bulu burung kasuari yang digunakan sebagai hiasan tubuh berbeda dengan yang digunakan pada bagian kepala, lebih panjang bulu yang digunakan di bagian kepala namun keduanya tetap memiliki keindahan yang sama.

Pakaian suku dayak


Beralih dari bagian indonesia kini kita menuju indonesia bagian tengah tepatnya di pulau kalimantan, di pulau ini juga terdapat sebuah suku yang sangat terkenal bernama suku dayak, hampir sama seperti suku asmat yang menggunakan bahan-bahan alami dalam segi berpakaian pun suku ini menggunakan bahan-bahan yang disediakan dari alam seperti menggunakan serat alam atau yang berasal dari kayu nyamu yang kemudian akan dicat dan diberikan corak, pemberian corak harus sesuai dengan keyakinan si pemakai. Pakaian suku yang berasal dari kalimantan ini serupa dengan sapei sapaq dan ta’a.
Model Pakaian Suku Dayak
Sejak dahulu sampai saat ini keberadaan suku dayak tetap berada pada ranah eksistensinya, pakaian suku dayak yang digunakan sampai saat inipun masih menyimbolkan kebesaran dan kedudukan pemakainya di suku tersebut. Untuk mengetahui kasta penduduk suku dayak dapat dilihat dari corak, seperti contohnya pakaian dengan motif atau corak tumbuh-tumbuhan hanya akan digunakan pada saat upacara adat, tradisi suku atau acara pernikahan. Motif seperti ini melambangkan mayarakat dengan kasta yang biasa-biasa saja sedangkan pakaian dengan motif ukiran atau hewan terutama motif harimau maka menunjukan atau menyimbolkan bahwa si pemakainya merupakan berasal dari kasta bangsawan, itulah keunikan masing-masing sukyu baik suku asmat maupun dayak. Baca: Model Pakaian Sipil Lengkap Dan Resmi Untuk Harian

No comments:

Post a Comment