Friday, October 6, 2017

Model Pakaian Daerah Suku Batak Dan Sunda

Model Pakaian Daerah Suku Batak Dan Sundasuku batak adalah suku yang beragam. Oleh karena itu suku batak terbagi menjadi 6 bagian. Namun untuk pakaiannya sendiri tidak berbeda jauh. Perbedaanya berda pada aksesoris atau motif pada kain ulos. Berikut ini adalah macam pakaian yang dipakai oleh suku batak :

Suku batak toba - secara umum Pakaian Daerah Suku Batak toba menggunakan kan ulos sebagai indentitas dan ciri utama dari pakaian adat. Kain ulos sendiri adalah kain yang di tenun menggunakan teknik manual dengan benang sutera berwana merah, hitam dan putih. Kemudian di hiasi dengan benang perak atau emas.

Suku Batak Simalungun - pakaian adat dari suku ini hampis sama dengan suku batak toba. Namun kan ulos di suku ini di beri nama kain Hiou. Dengan pengenaan pakaian dilengkapi dengan aksesoris berupa penutup kepala dan kain. Penutup kepala untuk pria disebut gotong sedangkan untuk wanita disebut bulang. Dan untuk kain samping di sebut suri – suri.

Suku batak Karo - pakaian adat batak karo hampir sama dengan suku batak. Namun kain yan digunakan bernama kain Uis Gara. Kain ini memiliki warna dasar merah dan dengan motif warna hitam ataupun putih.

Suku Batak Pakpak - suku ini memiliki pakaian yang berbahan kain Oles. Kain tenun yang menjadi khas suku pakpak. Pakaian adat ini di hiasi dengan aksesoris yang mahal. Seperti kalung emas dengan permata.

Suku Batak Angkola – seperti pakaian batak pada umumnya, suku angkola menggunakan kain ulos sebagai pakaian daerahnya.

Suku Batak Mandailing - pakaian adat suku ini hampir sama dengan suku batak pada umumnya. Yaitu berupa kain ulos yang di padu dengan pakain lain serta aksesoris untuk melengkapi pakaian tersebut.

Pakaian daerah selanjutnya adalah Pakaian Daerah Suku Sunda. Suku sunda memang terkenal dengan kebudayaan yang lemah lembut. Untuk pakaian adatnya sendiri dibendakan menurut golongan. Seperti untuk rakyat biasa, pakaian untuk golongan menengah, serta pakaian untuk para bang sawan. Dan untuk pakaian daerahnya suku sunda ini lebih terkenal dengan kebaya. Kebaya adalah blus yang dikenakan oleh para perempuan Indonesia yang dibuat dari bahan tipis dan dikenakan bersama batik, sarung serta pakaian tradisional lainya. Oleh karena itu pakaian kebaya juga menjadi ciri khas pakaian nasional. Namun masih ada lagi ciri khas dari suku sunda, berikut ini adalah penjelasannya.

Pakaian Daerah Suku Sunda untuk kaum laki – laki – Pakaian ini terdiri dari baju jas yang berkerah menutup bagian leher yang disebut jas Takwa. Kemudian kain batik (kain Dodot) yang motifnya bebas. Selanjutnya celana panjang yang berwarna sama dengan Jas Takwa. Untuk aksesoris sendiri berupa, Bendo (penutup Kepala), Alas kaki (selop), Rantai Kuku Macan (jam rantai untuk hiasan dada/saku) dan keris yang diselipkan di pinggang bagian belakang.
Model Pakaian Pakaian Daerah Suku Sunda
Pakaian Daerah Suku Sunda untuk kaum perempuan – baju kebaya dengan motif polos namun dihiasi dengan manik –manik atau sulaman, Kain kebat dilepe (kain batik) sebagai bawahan, Beubeur (ikat pinggang) yang berguna untuk mengencangkan kain Kebat dilepe, Karembong (selendang) yang digunakan sebagai pemanis. Untuk rambut biasanya disanggung kemudian dihiasi dengan ronce bunga melati dan hiasan kembang goyang. Dan untuk aksesoris cuku kalung dan alas kaki berupa selop yang senada dengan kebaya. Baca: Model Pakaian Daerah Suku Betawi dan Jawa

No comments:

Post a Comment